Senin, 23 Juli 2007

kritik

Siapkah Anda Menerima Kritik ?

Posted on July 6, 2007
Filed Under Spirit

Cara-cara mengkritik yang baik sudah sering dibahas dan dibicarakan, sampai bosen kita denger. Karena mengkritik pada dasarnya memang lebih mudah daripada dikritik!. Nah sekarang bagaimana seandainya anda yang dikritik..? Jujur aja deh, pasti ada perasaan jengkeltidak enak’ ketika mendengar kritik itu kan..? saya juga demikian :)

Memang sih kritik umumnya pedas dan bikin telinga panas ha..ha… Tapi gak perlu lah kita emosi, kita ambil nilai positif nya aja dari kritik tersebut. Soalnya bagi anda para profesional.. ciele, kritik juga merupakan salah satu bagian dari motivasi untuk maju kalau bisa menangkap nilai positifnya.
Lalu gimana dong caranya agar bisa menerima kritik dengan besar hati?

Inilah yg paling susah …

Sebagai saran aja sih :

  • Jangan ber-fikir bahwa setiap kritik yang dilontarkan pada anda pasti penyerangan terhadap diri anda pribadi. Tidak semua kritik bermaksud menjatuhkan, umumnya kritik justru bersifat membangun. Kritik dapat mengungkapkan hal-hal yang tersembunyi dari kelemahan anda. Dan ini tentu diperlukan untuk kemajuan profesionalisme anda. Jangan selalu curiga terhadap si pengkritik.
  • Teliti dan evaluasi kebenaran kritik itu bagi diri anda. Jika ternyata tidak benar, jangan menanggapinya dengan emosi, kebencian, apalagi dendam. Ambil saja hikmahnya bahwa orang lain masih care pada anda. Dan jika kritik itu mengandung kebenaran, jadikan kritik tersebut sebagai alat untuk mengkoreksi dan memperbaiki diri.

Menjawab kritik adalah hak kita. Jika ingin menanggapi kritik, gunakan cara yang asertif dan simpatik. Jangan memakai cara yang agresif dan represif. Jagalah profesionalisme anda ketika menanggapi kritik.

Demikian juga dari tukang kritik sebaiknya jangan ada “udang di balik batu beton”
So, siapkah anda “menerima kritik” atau jadi “tukang kritik” ?

Dengan senang hati saya menerima kritik anda :)

0 komentar: